Fenomena Bulan Kembar 29 Agustus 2016 BENAR atau HOAX?

|| || ,,,, || Leave a komentar

Fenomena bulan kembar yang akan terjadi menjadi trending topik dan viral di berbagai aplikasi pesan singkat. Namun benarkah fenomena tersebut, dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi nanti malam atau malam ini, dan setiap berapa lama fenomena bulan kembar ini akan berlangsung, mari kita bahas satu per satu.

Sebelum saya mulai membahas apa itu fenomena bulan kembar, berikut saya posting pesan broadcast yang sempat beredar di kalangan masyarakat melalui berbagai aplikasi pengirim pesan. Apakah Anda juga mendapatkana pesan seperti di bawah ini, dan apakah Anda juga percaya dengan fenomena yang akan terjadi di malam ini?

berita fenomena bulan kembar hoax

Berikut isi pesan broadcast "Fenomena Bulan Kembar" yang beredar melalui pesan:


Sebuah broadcast di dunia maya menyebutkan kalau malam ini akan terjadi fenomena alam langka berupa bulan kembar. Fenomena ini terjadi akibat cerahnya permukaan planet Mars sehingga menyerupai bulan.

Fenomena ini juga dapat dilihat dengan mata telanjang atau tanpa bantuan teropong. Peristiwa bulan kembar ini akan terjadi pada pukul 00.30 WIB, Selasa (30/8/2016) dinihari nanti.

Berdasarkan broadcast tersebut, fenomena ini akan terjadi lagi pada tahun 2287. Sehingga fenomena ini cukup langka dan sangat sayang dilewatkan.

Berikut isi broadcast yang beredar:

Fenomena Alam
*"BULAN KEMBAR"*
Dari grup sebelah

*29 Agustus 2016 (nanti malam)* akan ada *dua rembulan.* Seluruh dunia sedang menunggu kejadian ini..
Pada malam itu, *Planet MARS akan sangat cerah seperti rembulan*
dan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang.
*Mars akan berjarak  34,65 M Mil jauhnya dari bumi.*
Untuk itu jangan lupa melihat fenomena alam ini
*pada 29-8-2016 (senin) jam 12.30 malam atau  jam 00:30.*
(Nanti malam)
Karena Anda akan melihat dua bulan di langit.
*_Peristiwa ini hanya akan terjadi lagi pada tahun 2287_*  Silahkan berbagi ini dengan semua. Karena orang2 yang hidup sekarang tidak akan pernah mempunyai kesempatan lagi utk  melihat kejadian ini.

Nah itulah pesan yang beredar dan menghebohkan masyarakat di negeri ini, bahakan menjadi trending topic di beberapa sosial media dan google. Namun bernarkah fenomena bulan kembar tersebut akan terjadi malam ini atau hanya sekedar pesan hoax yang tiada terukti kebenarannya, mari kita telusuri lebih dalam lagi.

Dihimpun dari berbagai sumber di internet yang saya temukan dan sudah saya baca ternyata pesan FENOMENA BULAN KEMBAR itu adalah HOAX alias bodong alias bohong.

Berikut Penjelasan Tentang Fenomena Bulan Kembar, dikutip dari laman Merdeka.Com:


Masyarakat seluruh Indonesia mendapatkan pesan beruntun mengenai akan munculnya fenomena alam berupa bulan kembar. Fenomena ini disebut-sebut hanya akan terjadi selama 270 tahun sekali, di mana berikutnya terjadi pada 2287 mendatang.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan pesan tersebut merupakan kabar informasi hoax. Pesan tersebut telah beredar sejak tahun 2003 lalu, dan terus diulangi kembali di tanggal yang hampir bersamaan.

"Itu berita bohong. Berita itu sudah tersebar sejak 2003 lalu. Selalu setiap tahun tanggal 27," ujar Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin saat dihubungi merdeka.com, Senin (29/8).

Fenomena tersebut memang pernah terjadi saat pesan berantai itu pertama kali tersebar di media sosial. Ketika itu, mars berada dekat dengan bumi dan ukurannya lebih besar dibandingkan biasanya, namun tidak sampai menyamai bulan.

"Saat itu Mars memang mengalami purnama, tapi terus ada yang memanfaatkan, purnama Mars dan bulan dianggap sama. Padahal ukuran Mars seperti titik cahaya, jauh lebih kecil dengan purnama bulan. Dan untuk skrg tidak ada purnamanya. Sudah jelang akhir bulan, sudah masuk bulan tua," jelas Thomas.

Fenomena tersebut tidak akan terjadi lagi dalam waktu dekat, dan tidak beredar setiap tahun seperti pesan berantai tersebut. Ada beberapa syarat di mana agar kejadian serupa bisa terulang kembali.

"Jadi jarang terjadi dan saya lupa kapan lagi akan berulang. Tapi yang jelas tidak setiap tahun seperti saat ini," lanjutnya.

Tanpa menanti ratusan tahun, fenomena kemunculan mars sendiri bisa terjadi setiap hari selama posisi Mars searah dengan matahari. Kemunculan ini hanya terlihat pada malam hari, layaknya bintang-bintang di langit.

"Seperti bintang merah. Kalau malam ya bisa dilihat, sekarang ini bisa lihat. Terutama malam hari, antara bulan Agustus-September ini bisa dilihat," pungkasnya.

Pernyataan Lapan ini sekaligus membantah pernyataan pengamat astronomi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Rudy Yuwono menyebut akan ada fenomena berupa bulan kembar di langit. Fenomena langka ini akan terjadi sekitar pukul 00.30 WIB, di mana jarak bumi ke planet Mars dalam posisi terdekat.

"Karena itu jangan lupa melihat fenomena alam ini. Selasa (29/8) pukul 00.30 malam. Karena Anda akan melihat 'dua bulan' di langit," kata pengamat astronomi Universitas Brawijaya (UB) Malang, Rudy Yuwono, Senin (28/8).

Peristiwa ini, kata Yuwono, hanya akan terjadi lagi pada tahun 2287 nanti. Peristiwa langka itu akan kembali terjadi setiap 270 tahun.

"Orang-orang yang hidup sekarang tidak akan pernah mempunyai kesempatan lagi untuk melihat kejadian ini," katanya.

Jarak Bumi dan Mars sekitar 40 juta mil atau sekitar 56 juta kilometer. Artinya, jarak keduanya sekitar 170 kali jarak Bumi ke Bulan. Sekarang Mars berada di posisi 34,65 juta mil.

Nah sekarang sudah jelas kan, ternyata semua itu bohong belaka alias HOAX hehehe ,,, makanya lain kali jangan mudah percaya dengan segala macam bentuk broadcast message yang beredar. Cari dulu dan gali segala informasi dari berbagai media utnuk menghindari terjadinya kepanikan atau bahkan penipuan. So, fix sudah bahwa berita tentang fenomena bulan kembar adalah HOAX.

Sekian dan Terimakasih.

/[ 0 komentar Untuk Artikel Fenomena Bulan Kembar 29 Agustus 2016 BENAR atau HOAX?]\

Posting Komentar