Suami Juga Bisa Alami Gejala Kehamilan Saat Istri Mengandung?

|| || , || Leave a komentar
Mual, pusing, dan morning sickness lumrah dialami calon ibu ketika mengandung. Tapi jangan salah lho, khususnya bagi calon ayah baru, gejala-gejala kehamilan pun bisa dirasakan lho.

Ya, studi terbaru mengungkapkan bahwa calon ayah setidaknya mengalami perubahan hormon beberapa bulan menjelang hari di mana ia menjadi ayah untuk pertama kalinya. Dikatakan para peneliti, kondisi ini bisa membantu calon ayah mempersiapkan dirinya.

gejala kehamilan pada suami
Untuk studi ini, peneliti di AS mengukur empat kadar hormon utama pada 29 pasangan suami istri selama periode kehamilan. Keempat hormon tersebut yakni testosteron, kortisol, progesteron, dan estradiol, salah satu bentuk hormon estrogen.

Pada wanita, selama masa kehamilan keempat hormon tersebut melonjak. Sebaliknya, pada pria kadar hormon testosteron dan estradiol justru menurun, sedangkan kadar dua hormon lainnya tetap, demikian tulis peneliti dalam laporannya di American Journal of Human Biology, dan dikutip pada Sabtu (27/12/2014).

"Beberapa penelitian menunjukkan adanya perubahan hormon pada pria ketika mereka sudah menjadi ayah. Tapi peneltian kami menunjukkan perubahan tersebut terjadi lebih awal, di masa transisi seseorang yang akan menjadi ayah," kata ketua peneliti Robin Edelstein dari University of Michigan.

Meski demikian, Robin menegaskan perlu adanya penelitian lebih jauh untuk menguak faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan hormon tersebut. Meskipun, Robin dan koleganya berasumsi perubahan tersbeut terjadi terkait dengan perubahan psikologi seorang pria saat akan menjadi ayah.

"Bisa terjadi perubahan psikologi pada pria ketika mereka akan menjadi ayah. Penurunan testosteron membuat pria tidak terllau agresif dan lebih peduli. Hal ini bisa jadi cara alami mereka untuk lebih sabar menghadapi pasangannya yang tengak mengandung," kata Robin.

Penurunan oestradion bisa membantu pria mempersiapkan dirinya untuk lebih bertanggung jawab. Sedangkan, hormon kortisol dan progesteron meskipun tidak meningkat saat periode kehamilan istri, tetap bisa meningkat ketika pria stres, demikian ditegaskan Robin.

source:detik.com
/[ 0 komentar Untuk Artikel Suami Juga Bisa Alami Gejala Kehamilan Saat Istri Mengandung?]\

Posting Komentar